MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK BADAN USAHA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Contoh PTK Ekonomi
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK
BAHASAN BENTUK-BENTUK BADAN USAHA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING
TOGETHER PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 INDONESIA TAHUN PELAJARAN
2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sebagai pengajar atau pendidik, guru
merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan.
Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya
manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru. Hal ini
menunjukkan bahwa betapa pentingnya
peran guru dalam dunia pendidikan. Demikian pula dalam upaya
membelajarkan siswa guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu
menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif.
Agar dapat mengajar efektif, guru
harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan
mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar dapat ditingkatkan dengan cara
melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Menggunakan waktu pelajaran secara
efektif berarti memberi kesempatan belajar semakin banyak dan optimal serta
guru menunjukkan keseriusannya saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat
atau motivasi siswa untuk belajar. Makin banyak siswa terlibat aktif dalam
belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan
dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan
program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi
belajar mengajar.
Di luar lingkungan sekolah,
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan semua pihak dapat
memperoleh informasi dengan melimpah, cepat dan mudah dari berbagai sumber dan
tempat di dunia. Selain perkembangan yang pesat, perubahan juga terjadi dengan
cepat. Karenanya diperlukan kemampuan untuk memperoleh, dan mengelola dan
memanfaatkan informasi untuk bertahan pada keadaan yang selalu berubah, tidak
pasti dan kompetitif. Kemampuan ini membutuhkan pemikiran, antara lain berpikir
sistematis, logis, kritis yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran ekonomi.
Dalam pembelajaran Ekonomi tidak lagi
mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih
mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu
aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas ekonomi
dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain.
(Hartoyo, 2000: 24).
Langkah-langkah tersebut memerlukan
partisipasi aktif dari siswa. Untuk itu perlu ada metode pembelajaran yang
melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Adapun metode yang
dimaksud adalah metode pembelajaan kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah
suatu pengajaran yang melibatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok untuk
menetapkan tujuan bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran kooperatif lebih
menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan melakukan komunikasi
aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut diharapkan siswa dapat
menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa lebih mudah memahami
penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru karena taraf
pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”. (Sulaiman dalam
Wahyuni 2001: 2).
Penelitian juga menunjukkan bahwa
pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang amat positif terhadap siswa yang
rendah hasil belajarnya. (Nur, 1996: 2).
Pete Tschumi dari Universitas
Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu pengetahuan pengantar pelajaran
komputer selama tiga kali, yang pertama siswa bekerja secara individu, dan dua
kali secara kelompok. Dalam kelas pertama hanya 36% siswa yang mendapat nilai C
atau lebih baik, dan dalam kelas yang bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65%
siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan paparan tersebut diatas
maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan
Prestasi Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Badan Usaha Melalui Metode
Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia
Tahun Pelajaran 2015/2016”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah peningkatan prestasi
belajar siswa dengan diterapkannya metode kooperatif model Learning
Together pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran
2015/2016?
- Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar
siswa dengan diterapkannya metode kooperatif model Learning Together pada
siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas,
penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kooperatif model
Learning Together pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun
Pelajaran 2015/2016.
- Ingin mengetahui pengaruh motivasi
belajar siswa setelah diterapkan metode kooperatif model Learning Together
pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
- Sekolah sebagai penentu kebijakan
dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata
pelajaran ekonomi.
- Guru, sebagai bahan pertimbangan
dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi
siswa.
- Siswa, dapat meningkatkan
motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap
keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
E. Penjelasan Istilah
Agar tidak terjadi salah persepsi
terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai
berikut:
- Metode kooperatif adalah:
Suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja
dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama
- Motivasi belajar adalah:
Merupakan daya penggerak psikis dari dalam diri
seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan,
pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah minat belajar untuk tercapai suatu
tujuan.
- Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau
dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran ekonomi.
- Bentuk-bentuk
Badan Usaha
Badan Usaha yang dimaksud dalam
penelitian ini hanya terfokus pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu badan usaha yang sebagian atau
seluruh kepemilikannya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia. BUMN dapat pula
berupa perusahaan nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa
bagi masyarakat
F. Ruang Lingkup dan
Keterbatasan Penelitian
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan
pembatasan masalah yang meliputi:
- Penelitian ini hanya dikenakan
pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016.
- Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan September semester ganjil tahun palajaran 2015/2016.
- Materi yang disampaikan adalah
pokok bahasan Bentuk-Bentuk Badan Usaha (BUMN).
FILE LENGKAP SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOD DI BAWAH INI
Post a Comment for "MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK BADAN USAHA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016"